Banyak orang memiliki impian, pengharapan, cita-cita, dan anything else. Seperti aku nih, misalnya aku pengen besok jadi dosen, kuliah S2, sokor-sokor bisa kuliah sampai S3, pengen membangun keluarga, memiliki suami dan anak-anak yang mengasihi Tuhan, pengen bisa jalan-jalan ke luar negeri, pengen punya rumah, punya mobil, pengen berangkatin ortu ke Israel, pengen punya rumah sakit murah, sekolah murah, dan soooo many more impian saya.

Begitupun dengan Anda, saya terlalu yakin Andapun memiliki sebuah harapan dan impian tentang masa depan Anda. Entah seberapa banyak atau sedikitnya impian Anda, yang jelas Anda memiliki impian.

Pernah ada seseorang yang berkata kepada saya, dia berkata bahwa saya adalah satu-satunya wanita yang dia kenal yang memiliki impian yang tinggi. Saya hanya menjawabnya begini, "Wong mimpi ga bayar kok, kenapa tidak boleh bermimpi yang tinggi?" Kita boleh memiliki mimpi, bahkan saya mengenal dengan seseorang yang ingin memiliki panti jompo, karena dia ingin menjaga agar orang-orang di masa tuanya tetap mengingat Yesus sebelum mereka dipanggil pulang ke rumah Bapa. Mimpi, boleh, kan?

Anak-anak biasanya memiliki mimpi yang gila yang tidak pernah orang dewasa pikirkan. Karena mereka masih memiliki pikiran yang bersih dan tidak seperti orang dewasa yang sudah terlalu banyak mengalami kejadian pahit dalam kehidupan. Seringkali hal-hal yang terjadi di dalam kehidupan kita membuat kita melupakan mimpi yang pernah kita miliki. Karena semakin bertambah dewasanya kita, kita menganggap bahwa mimpi-mimpi yang pernah kita impikan sepertinya tidak mungkin terwujud, dan kita terkadang rasanya sudah nyaman dengan keadaan yang kita miliki sekarang meskipun itu tidak sesuai dengan keinginan kita, yang penting kita dapat hidup dan memenuhi kehidupan. 

Bekerja, punya keluarga, tua, mati. Apakah hanya sekedar itu saja tujuan hidup Anda tanpa Anda mau mewujudkan mimpi yang pernah Anda miliki sebelumnya? Apakah Anda sadar bahwa tanpa mimpi yang pernah Anda miliki dulu, Anda tidak mungkin menjadi seperti sekarang? Ataukah Anda merupakan orang yang tidak memiliki mimpi? Sehingga Anda bosan dengan apa yang Anda jalani saat ini?

Kembali renungkanlah perjalanan hidup Anda, milikilah mimpi, karena mimpi itu gratis sekalipun itu sebenarnya merupakan ide gila yang kita miliki, tetapi mimpi bisa menjadi semangat bagi hidup kita untuk terus maju dan meraih yang terbaik dalam kehidupan. (flo)